Jenis
e-commerce Business to Business atau B2B adalah bisnis yang dilakukan oleh
orang atau pihak yang saling memiliki kepentingan bisnis, atau bisa juga
disebut bisnis antar perusahaan.
Biasanya bisnis
B2B dilakukan menggunakan EDI (Electronic Data Interchange) dan email yang
berguna untuk pembelian barang dan jasa, informasi dan konsultasi, atau
pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
EDI (Electronic
Data Interchange) adalah proses transfer data yang terstruktur, dalam format
standar yang disetujui, dari satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya,
dalam bentuk elektronik.
Contoh website
E-commerce B2B adalah :
1.
PT Krakatau Steel (www.krakatausteel.com)
PT Krakatau
Steel adalah perusahaan baja terbesar di Indonesia, untuk melakukan pemesanan
baja di Krakatau Steel setiap perusahaan harus mendaftarkan perusahaannya.
Setelah terdaftar Perusahaan Mitra dapat memesan baja di Krakatau Steel
dengan menggunakan EDI.
2.
Unilever
(www.unilever.co.id/id/)
Unilever adalah
perusahaan penghasil produk Home and Personal Care serta Foods & Ice Cream
di Indonesia. Unilever adalah salah satu customers dari PT. Electronic Data
Interchange Indonesia.
B2B (Business to Business)merupakan transaksi bisnis yang dilakukan secara elektronik melalui jaringan
internet, extranet, intranet, atau jaringan local.
3. PT Repex Wahana merupakan holding company yang
menaungi beberapa anak perusahaan atau strategic business unit (SBU).
Sebagai One Stop Logistics provider, PT Repex Wahana
senantiasa menawarkan pelayanan yang berkesinambungan yang merupakan jawaban
atas kebutuhan pelanggan dewasa ini. Untuk mencapai hal tersebut,
maka PT Repex Wahana melakukan re-brandingdengan tujuan menyatukan
misi serta menyamaratakan kualitas pelayanan yang seragam dari
seluruh Strategic Business Unit. PT Repex Wahana
(http://www.rpxholding.com/), salah satu perusahaan jasa pengiriman (cargo)
ternama di negara Indonesia, juga sukses menggarap segmen B2B. Saat ini 90%
pelanggannya adalah perusahaan, sedangkan 10% individu atau retail. Kunci
sukses perusahaan ini dalam menggarap pasar B2B adalah focus pada excellent
product, memberikan excellent service, dan continuous improvement. Kegiatan inbound dan outbound ini
harus sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan agar tidak terjadi kegagalan
dalam pengiriman dokumen dan paket. Aktivitas pengiriman atas dokumen dan paket
tersebut harus dalam kondisi yang aman, tepat waktu sampai ketempat tujuan,
karena sesuai dengan visi dan misi dari RPX-APA.
4. PT Avesta Continental Pack (http://www.avesta.co.id) , sebuah
perusahaan yang bergerak di bidang packaging untuk produk-produk industri
farmasi, juga sukses di pasar B2B. Sekitar 70-80% perusahaan farmasi di
Indonesia menjadi pelanggan tetapnya. Sang Presiden Direktur, Kuntoro W
Nurtanio, menjelaskan ada 5 prinsip yang dijalankan perusahaannya. Yaitu
prinsip 5R: right quality, right quantity, right
time, right price, dan right product. Selain
itu value yang selalu diberikan adalah kredibilitas yang
tinggi. PT Avesta tidak mau menerima perusahaan pemalsu obat & jamu yang
tidak mengantongi izin resmi dari pemerintah menjadi kliennya. Peran sebagai
konsultan packaging pun dijalankan juga. Sering mengundang
dan diundang oleh pimpinan perusahaan klien untuk membahas soal packaging.
Inovasi baru kemasan selalu dikomunikasikan kepada para pelanggan. Caranya baik
secara korporat melalui gathering, seminar, atau rekreasi bersama
para pelanggan. Juga secara personal dengan main golf atau tenis.
5. PT Asaba (Aneka Sakti Bakti) adalah sebuah perusahaan distribusi
yang bergerak di bidang alat-alat tulis dan peralatan kantor dengan visinya:
“Terkenal sebagai perusahaan pemasaran yang inovatif di dalam mengembangkan
usaha serta mencapai kepuasan pelanggan” dan misinya “ Senantiasa mengembangkan
usaha dan citra perusahaan dengan mengutamakan kepuasan pelanggan.” Didukung
dengan visi dan misinya itu, PT Asaba dapat bertahan sampai saat ini
dengan usia hampir 30 tahun, walaupun pada tahun 1998 PT Asaba sempat mengalami
perampingan usaha karena krisis moneter yang melanda Indonesia. Selain bergerak
di bidang pendistribusian alat-alat tulis dan perlengkapan kantor, PT Asaba
juga bergerak di bidang: Office Automation (mesin binding, laminating, mesin
fotocopi), aplikasi komputer, industri makanan dan plastik, produksi pensil,
ballpoint, dan lain-lain.
PT Asaba
(http://www.asaba-indo.com/), perusahaan distributor peralatan kantor, juga
terbilang sukses dalam memasuki pasar B2B. Selain penyediaan alat-alat kantor,
bahkan sekarang sudah berkembang juga di bisnis manajemen data, sistem
keamanan, sistem survey, dll. dalam menggarap pasar B2B, Asaba menerapkan 7
langkah, yaitu: branding the people, brand architecture, audience identification,
brand positioning, brand personality, dan consistent.
6. Garuda Indonesia salah satu perusahaan B2B yang bisa kita lihat
adalah perusahaan penerbangan. Sebelum e-commerce banyak berkembang di
Indonesia, perusahaan penerbangan di Indonesia melakukan kerjasama terhadap
agen-agen tiket perjalanan. Sehingga apabila kita ingin membeli tiket
penerbangan, kita harus menghubungi agen perjalanan untuk memesan tiket. Contoh
ini lah yang dinamakan B2B. Namun semakin berkembangnya sistem e-commerce di Indonesia,
sekarang konsumen dapat memesan tiket dan membayar tiket sendiri dengan bantuan
e-banking atau transfer melalui atm/bank. Maka secara langsung perusahaan
penerbangan juga menerapkan B2C. Namun walaupun Garuda Indonesia sudah memakai
G2C. Garuda Indonesia tetap menawarkan layanan bagi agen-agen biro perjalanan
dalam reservasi tiket. Program layanan itu adalah Garuda Online Sales, jadi
bagi perusahaan yang ingin mendaftar jadi partner Garuda Indonesia bisa
bergabung dalam program tersebut.
thank you gan.
BalasHapusmantap gan
BalasHapusDear : Custumer Import & Domestics
BalasHapusKami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
Services Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
Jika ada yang inggin dipertayakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com
Best Regards,
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKpd Yth
BalasHapusPurchasing/ Bag Export/Import
Di Tempat
Selamat siang
Perkenankan saya TOMMY � dari PT.KARISMA SEJAHTERA LOGISTIK� yang bergerak dibidang� Freight Forwarders, Air & Sea Cargo Service/Jasa Customs Clearance Port Tanjung Priok Jakarta, Bandara Soekarno-Hatta, Port Lampung, Port Tanjung Emas Semarang maupun Port Tanjung Perak-Surabaya Import bermaksud ingin menawarkan kerjasama dalam hal proses pengiriman barang Import atau pun Export dan kami juga mempunyai agent di seluruh dunia untuk mendukung process pengiriman cargo guna mempelancar proses barang customer Exim
" We Serve With Heart"
Whatsaap: 081310849918
Email:Tommy.transcal@gmail.com